Pengenalan Distro Kali Linux


Mungkin bebarapa teman sudah mengetahui distro linux yang satu ini atau mungkin belum tau sama sekali ? yap ini dia salah satu distro yang bernama KALI LINUX wah apa sih kali linux itu ? mungkin pertanyaan yang pertama kali dilontarkan seperti itu nah KALI LINUX ADALAH sebuah distro linux yang di kembangkan oleh Offensive Security yang mempunyai fungsi untuk kebutuhan professional penetration tester mungkin teman teman sudah mengenal Backtrack bukan ? yap Kali Linux inilah yang sekarang merupakan penerus dari distro Linux Backtrack yang sudah sangat terkenal .

Pengenalan Kali Linux
kali linux

Requirements Hadware

  • Minimal 10 GB space harddisk untuk installasi.
  • Untuk Arsitektur i386 dan amd64, minimal RAM yang diperlukan 512 MB
  • Support dengan CD-DVD Drive dan USB boot.

Perbedaan Backtrack Dan Kali Linux 

Berbeda dengan pendahulunya Backtrack, Kali Linux memiliki banyak perubahan yang sangat signifikan terutama dari Base nya Backtrack adalah salah satu distro linux yang mengikuti standar pengembangan Ubuntu sementara di Kali Linux sekarang menggunakan Base yang mengikuti standar pengembangan Debian nah perbedaan itulah yang mengakibatkan Backtrack dan Kali Linux memiliki perbedaan yang sangat signifikan seperti Repository Kali Linux sinkron dengan Debian misalnya kita ingin mengupdate Iceweasel di Kali Linux maka caranya pun sama di Debian karena kali Linux itu sendiri menggunakan Base dari Debian Wheezy.

Fitur Fitur Kali Linux 

Kali Linux merupakan pembangunan kembali BackTrack Linux secara sempurna,  mengikuti sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Semua infrastruktur baru telah dimasukkan ke dalam satu tempat, semua tools telah direview dan dikemas, dan kami menggunakan Git untuk VCS nya.


 

Desktop Enviroment yang beragam 

  • Berbeda dengan Backtrack yang hanya menggunakan Desktop Enviroment KDE dan Gnome nah di Kali Linux walaupun desktop defaultnya adalah Gnome namun yang paling menarik dari Kali Linux adalah kita bisa bebas mengganti Desktop Enviroment sesuai yang kita mau contoh nya kita bisa menginstall KDE, LXDE, XFCE,Cinnamon,Mate dan masih banyak pilihan Desktop Enviroment di Kali Linux yang bisa kita pakai supaya kita tidak bosan hanya menggunakan satu Desktop Enviroment yang itu itu saja 

FHS Compliant System

  • Kali Linux sudah mendukung FHS Compliant System. Nah, apakah itu? Misalkan kita ingin mejalankan suatu aplikasi tidak perlu lagi melalui direktori asal. Contoh : Jika pada Backtrack untuk menjalankan sqlmap kita harus menuju direktori sql map terlebih dahulu dengan mengetikan perintah "cd /pentest/database/sqlmap" lalu eksekusi sqlmap denga perintah "./sqlmap"
  • Sedangkan di Kali Linux tidak perlu lagi masuk ke direktori sqlmap karena sudah mendukung FHS Compliant System jadi kita hanya perlu menulisakan sqlmap di terminal maka kita akan langsung bisa mengoprasikan Sqlmap tersebut.

Lebih dari 300 tool Penetration Tester

  • Setelah melakukan review setiap tools yang terdapat pada BackTrack, kami menghilangkan tools dalam jumlah besar baik yang tidak bekerja  atau memiliki tools yang tersedia yang menyediakan fungsi serupa.

Gratis dan akan selalu gratis 

  • Kali Linux, seperti pendahulunya , benar – benar gratis dan akan selalu gratis. Anda tidak pernah akan diminta membayar untuk Kali Linux nah inilah yang menjadikan distro Linux banyak diminati karena tidak ada sepeser pun biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati sistem operasi Linux

Banyak Dukungan Bahasa

  • Meskipun tools penetration testing cenderung ditulis dalam bahasa Inggris, kami telah memastikan bahwa Kali Linux memiliki dukungan beberapa bahasa, memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mengoperasikannya dalam bahasa mereka dan menemukan tools yang mereka butuhkan untuk pekerjaan tersebut nah Kali Linux juga tersedia dalam bahasa indonesia loh jadi memudahkan kita yang tidak bisa bahasa inggris seperti saya untuk bisa menikmati sistem operasi Kali Linux ini .
nah cukup sekian dulu pengenalan  Pengenalan Kali Linux tertarik untuk mencoba dengan banyak fitur yang dimilikinya ? anda bisa mendownload Kali Linux Iso di website resmi Kali Linux http://www.kali.org/downloads/ yang tersedia dalam i386 dan amd64 dan mendukung bebarapa hadware lain seperti yang tertulis di halaman resminya.


Share :

Facebook Twitter Google+
3 Komentar untuk "Pengenalan Distro Kali Linux "

Nice post :)
Kunjungi balik, Gan.
http://themindware.blogspot.com

This comment has been removed by the author. - Hapus

tutorial dong gan hal-hal apa aja yang perlu dilakukan setelah fresh install kali linux, biar bekerja optimal

Back To Top