Tutorial Custom Kali ISO Image


Pengenalan – Membangun ISO Kali Linux anda sendiri
Membangun sebuah ISO Kali Linux yang dimodifikasi adalah mudah, menyenangkan, dan bermanfaat. Anda dapat mengkonfigurasi secara virtual setiap aspek dari ISO Kali Linux yang anda bangun sendiri menggunakan Debian live-build scripts.Script tersebut memungkinkan seseorang untuk membangun image live system dengan mudah dengan menyediakan suatu framework yang menggunakan satu set konfigurasi untuk mengotomatisasi dan memodifikasi semua aspek dalam membangun image. Kami telah mengadopsi script tersebut dan menggunakannya untuk rilis Kali ISO resmi.
Tutorial Custom Kali ISO Image

Prasyarat

Idealnya, anda harus membangun ISO Kali Linux modifikasi anda sendiri dari dalam sebuah lingkungan Kali Linux yang sudah ada. Namun, jika hal ini adalah bukan permasalahan untuk anda, pastikan anda menggunakan versi terbaru dari live-build (dalam cabang 3.x yang menargetkan Debian wheezy).

Persiapan

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan lingkungan ISO Kali Linux dengan perintah dibawah ini:

apt-get install git live-build cdebootstrap kali-archive-keyring
git clone git://git.kali.org/live-build-config.git
cd live-build-config
lb config

Mengkonfigurasi ISO Kali yang dibangun (Optional)

Melalui direktori config, ISO yang anda bangun mendukung pilihan kustomisasi yang signifikan, yang didokumentasikan dengan baik pada halaman Debian live build 3.x. Namun, bagi yang tidak sabar, file konfigurasi berikut ini memiliki kepentingan tertentu:

config/package-lists/kali.list.chroot – Berisi daftar paket untuk menginstal di Kali ISO. Anda dapat memilih paket tertentu untuk diinstal, sementara menghilangkan yang lain. Hal ini juga dimana anda dapat mengganti lingkungan dekstop ISO Kali Linux anda (KDE, Gnome, XFCE, LXDE, etc).

hooks/ – Direktori hook memungkinkan kita untuk menghubungkan script dalam berbagai tahap dalam membangun ISO live Kali Linux. Untuk informasi lebih lanjut tentang hooks, lihat pada live build manual. Sebagai contoh, Kali menambahkan menu forensic seperti ini:

$ cat config/hooks/forensic-menu.binary
#!/bin/sh
cat >>binary/isolinux/live.cfg <<END
label live-forensic
menu label ^Live (forensic mode)
linux /live/vmlinuz
initrd /live/initrd.img
append boot=live noconfig username=root hostname=kali noswap noautomount
END


Membangun ISO

Sebelum Anda menghasilkan ISO Anda, Anda dapat menentukan arsitektur yang anda butuhkan, memilih salah satu amd64 atau i386. Juga perlu dicatat bahwa “lb build” membutuhkan hak akses root. Jika Anda tidak menentukan arsitektur, live build akan menghasilkan ISO dengan arsitektur yang sama dengan mesin host.

Jika Anda ingin membangun sebuah 64 bit ISO pada 32 bit sistem Kali Linux, pastikan Anda mengaktifkan dukungan multi arsitektur:

dpkg --add-architecture amd64
apt-get update

Mengkonfigurasi live-build untuk menghasilkan dengan 64 bit atau 32 bit ISO:

lb config --architecture amd64 # for 64 bit
# ...or...
lb config --architecture i386 # for 32 bit
lb build
Perintah terakhir akan memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan, karena mendownload semua paket yang diperlukan untuk membuat ISO Anda. Waktu yang baik untuk minum kopi.

Membangun Kali Linux untuk arsitektur yang lebih tua i386

Kali Linux i386 ISO memiliki PAE yang sudah diaktifkan. Jika Anda memerlukan kernel default untuk perangkat keras lama, Anda perlu untuk membangun kembali Kali Linux ISO. Proses pembangunan kembali adalah sama seperti di atas, selain 686-pae parameter yang perlu diubah menjadi 486 di auto/config :

apt-get install git live-build cdebootstrap kali-archive-keyring
git clone git://git.kali.org/live-build-config.git
cd live-build-config
sed -i 's/686-pae/486/g' auto/config
lb clean
lb config --architecture i386
lb build

Mempercepat membangun Kali Linux pada waktu mendatang

Jika Anda berencana untuk sering membangun ISO modifikasi, Anda mungkin ingin meng cache paket Kali Linux secara lokal untuk membangun nya pada waktu mendatang. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menginstall apt-cacher-ng, dan mengkonfigurasi http_proxy variabel sebelum setiap kali membangun.

apt-get install apt-cacher-ng
/etc/init.d/apt-cacher-ng start
export http_proxy=http://localhost:3142/
.... # setup and configure your live build
lb config --apt-http-proxy http://127.0.0.1:3142/
lb build

Tutorial ini saya dapat dari (Source) : Membangun Secara Live Sebuah Kali ISO Custom

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Tutorial Custom Kali ISO Image"

Back To Top