Menginstall tambahan VirtualBox Guest di Kali Linux


Untuk mempunyai mouse dan integrasi layar yang tepat serta sharing folder dengan sistem host Anda, Anda perlu menginstal tambahan VirtualBox Guest.

Setelah Anda boot ke mesin virtual Kali Linux Anda, buka terminal dan jalankan perintah berikut untuk menginstal header Kernel Linux.

apt-get update && apt-get install -y linux-headers-$(uname -r)
Setelah ini selesai sekarang Anda dapat menghubungkan CD-Rom Guest tambahan. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih ‘Devices’ dari VirtualBox Menu dan memilih ‘Install Guest Additions”. Ini akan me-mount GuestAdditions iso ke virtual CD Drive di mesin virtual Kali Linux Anda. Ketika diminta untuk autorun CD, klik tombol Cancel.



Dari terminal, copy file VboxLinuxAdditions.run dari CD-Rom Guest tambahan ke sebuah path pada sistem lokal Anda pastikan itu dapat di eksekusi dan jalankan file untuk memulai instalasi.

cp /media/cd-rom/VBoxLinuxAdditions.run /root/
chmod 755 /root/VBoxLinuxAdditions.run
cd /root
./VBoxLinuxAdditions.run



Reboot Kali Linux VM untuk menyelesaikan instalasi Guest tambahan. Anda seharusnya sudah memiliki mouse dan integrasi layar yang penuh serta kemampuan untuk sharing folder dengan sistem host.

Membuat Shared Folders Dengan Sistem Host

 

Untuk share folder pada sistem host Anda dengan Kali Linux VM, ada beberapa langkah singkat yang harus diselesaikan.
Dari VirtualBox Manager, pilih Kali Linux VM Anda dan klik pada link ‘Shared Folder’ di window bagian kanan. Ini akan memunculkan pop up window untuk menambahkan shared folder. Dalam window ini klik ikon untuk menambahkan folder.

Dalam Folder Path teks box, berikan path ke folder yang ingin Anda share, atau klik panah drop-down untuk mencari sistem host Anda untuk path nya. Pilih kotak centang yang memungkinkan untuk ‘Auto-mount’ dan ‘Make Permanent’ dan klik tombol OK dua kali saat diminta.



Folder yang Anda share sekarang akan tersedia di direktori Media. Anda dapat membuat bookmark atau link untuk memudahkan akses ke direktori.



Demikian aritkel dari kalilinuxindo mengenai cara Menginstall tambahan VirtualBox Guest di Kali Linux. Untuk artikel mengenai Kalilinux lainnya dapat anda lihat pada daftar artikel lainnya yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

Source : kali.org

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Menginstall tambahan VirtualBox Guest di Kali Linux"

Back To Top